Banner Ad

Text Ad

10 Oktober 2010

Maksimalkan Bank Data di Otak Anda

- 21 Jun 00 08:15 WIB (Astaga.com)

Tak ada seorang pun yang mau cepat pikun. Di bawah ini beberapa cara agar bank data di otak Anda tidak cepat menghilang:

·Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak tak jenuh
Sebuah studi di Italia menyebutkan bahwa asam lemak tak jenuh - yang banyak terdapat di minyak sayuran dan minyak zaitun - dipercaya dapat membantu memelihara membran otak.

·Mencari ilmu
Memang sih, kapok rasanya sekolah. Tapi, para ahli menemukan bahwa pendidikan melindungi diri dari kerusakan mental yang diakibatkan penambahan usia. Ketika para peneliti membandingkan lansia yang bersekolah selama 4 tahun dengan yang menghabiskan 16 tahun di sekolah, ternyata mereka yang giat mencari ilmu lebih lama itu, lebih sedikit mengalami problem hilangnya ingatan.

·Pertahankan berat tubuh yang ideal
Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang tua yang mengidap diabetes atau aterosklerosis berisiko tinggi untuk kehilangan memori lebih cepat. Kedua penyakit itu berkaitan dengan obesitas dan kebiasaan makan berkolesterol tinggi. Sebenarnya, peneliti belum mengerti akan mekanisme apa yang menyebabkan dua kondisi itu meningkatkan kehilangan memori.

·Biasakan berjalan kaki
Para ahli menemukan bahwa orang yang berjalan kaki selama 45 menit tiga kali seminggu ternyata meningkat kemampuan proses mentalnya secara signifikan. Kenyataan ini sejalan dengan teori bahwa, penambahan oksigen yang dihirup selama aktivitas jalan kaki, menyegarkan bagian otak yang bertanggungjawab pada proses penyimpanan informasi.

·Tidur cukup
Tidur malam hari yang nyenyak dengan waktu cukup telah lama diketahui memberi keuntungan pada suasana hati dan area kognitif manusia. Kini, telah ditemukan bukti-bukti awal bahwa tidur cukup juga bisa membantu penyakit-penyakit ketuaan yang kronis, termasuk hilangnya memori. Untuk memaksimalkan keuntungan tidur, para peneliti merekomendasikan tidur minimal delapan jam setiap malam.
berbagai sumber/hannie k.wardhanie)