Banner Ad

Text Ad

06 Januari 2009

Gizi di Usia Kanak-Kanak Tentukan Kesehatan di Usia Dewasa

20 Jun 00 09:00 WIB (Astaga.com)

Bagaimanapun gizi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak kelak. Pasalnya, anak-anak yang memiliki gizi yang baik umumnya tidak mudah terkena penyakit akut dan kronis. Selain itu, gizi juga bisa membantu pertumbuhan tubuh dan otak, termasuk memiliki keahlian khusus dan lebih mudah berkonsentrasi. Sebagai orangtua, tentu saja orang tua bertanggungjawab atas permasalahan gizi pada anak-anaknya. Karena, kebiasaan makan pada masa kanak-kanak biasanya akan terus terbawa hingga mereka dewasa.

Lantas, apa kira-kira yang perlu Anda lakukan terhadap anak-anak demi mendapat gizi yang baik? Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dipraktekkan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak:

1. Perhatikan proses pengolahan dan bahan-bahan makanan. Ingat Anda harus membatasi zat-zat aditif, gula, gandum, garam, bahan makanan dari susu, dan makanan yang banyak mengandung lemak.

2. Jika anak Anda meminta makanan olahan pabrik yang diiklankan di televisi misalnya, tidak perlu harus menuruti kemauannya. Justru dalam hal ini ada baiknya Anda menasihati tentang kemungkinan kandungan berbahaya yang ada dalam panganan tersebut. Seperti, zat aditif yang bisa yang bisa merusak gigi.

3. Jangan biarkan terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan yang berbahan dasar terigu atau gula seperti sereal, roti, pasta, craker dsb. Karena makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat murni. Cobalah untuk mengganti makanan-makanan tersebut dengan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, beras putih ataupun merah, serta kentang. Ada pula yang menyarankan untuk memakan kulit kentang.

4. Usahakan agar mengkonsumsi bahan makanan seperti daging, sayuran,biji-bijian yang tidak mengandung banyak hormon , antibiotik, serta pestisida. Soalnya zat-zat tersebut dikhawatirkan bisa menggangu pertumbuhan badan dan otak anak-anak.

5. Berikan anak-anak Anda makanan yang variatif dan sayur-sayuran yang mengandung karbohidrat rendah setiap harinya. Biasakan mereka memakan salad yang terdiri dari sayuran hijau seperti brokoli, kol, kembang kol dll. Berikan pula sayuran laut seperti rumput laut. Baik sayuran hijau maupun sayuran laut merupakan sumber kalsium dan mineral.

6. Buah sangat baik bagi kulit anak-anak Anda. Namun begitu, Anda tetap harus membatasi anak-anak untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak gula seperti pisang, mangga, nanas, pepaya. Gantilah dengan buah-buahan yang mengandung banyak air dan sedikit gula , seperti buah apel, pear, anggur, melon.

7. Pastikan bahwa anak-anak Anda telah mendapat protein cukup setiap harinya. Sumber protein yang baik bagi anak Anda antara lain adalah biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan tuna, salmon, sardin, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, serta telur. Batasi untuk mengkonsumsi daging olahan.

(berbagai sumber/eno)