Banner Ad

Text Ad

20 Desember 2008

Ekstrak Daun Zaitun, Anti Mikroba Penyebab Pilek sampai Bronchitis

California - 08 Nov 00 09:15 WIB - (Astaga!com)

Tumbuhan zaitun (Olive) dikenal banyak khasiatnya. Mulai dari akar, buah hingga daunnya. Penelitian terakhir yang dilakukan di California, menunjukkan bahwa daun zaitun yang kering mengandung unsur obat-obatan yang sangat penting dibanding bagian lain dari tumbuhan zaitun. Para peneliti dari Covia Institute, California, mengatakan sari daun zaitun atau Olea europaea, adalah suatu senyawa anti mikroba yang bisa membunuh beragam virus, termasuk virus-virus yang menyebabkan pilek, demam dan herpes, bahkan bakteri-bakteri penyebab sinusitis dan bronchitis.

Fungsi lain dari ekstrak daun zaitun ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan tingkat kolesterol."Salah satu unsur aktif dalam daun zaitun adalah oleuropein. Unsur ini akan berubah kedalam dua jenis asam elenoic, sesaat masuk ke dalam tubuh," jelas James Privitera M.D, seorang peneliti di Covina Insititute, California. Asam-asam tersebut mempengaruhi produksi asam amino dalam tubuh dimana dapat mencegah perkembangan virus-virus dan bakteri-bakteri.

Oleuropein (ekstrak daun zaitun) juga bertindak sebagai anti oksidan yang berfungsi mengurangi jumlah kolesterol yang dibawa darah ke dalam sel sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol di dinding-dinding arteri. Komponen lain dari daun zaitun adalah oleuroposide, yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Kebanyakan penelitian dilakukan atas unsur oleuropein.

Hasil penelitian di salah satu laboratorium yang diterbitkan dalam "Journal of Applied Bacteriology 1998" melaporkan bahwa dua persen dari konsentrasi Oleuropein, dapat memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi (Staphylococcus eureus) --yang banyak terdapat dirumah sakit-rumah sakit--hingga 30 jam.

Cara yang paling efektif dalam memanfaatkan ekstrak daun zaitun adalah bila dikonsumsi sudah dalam bentuk kapsul dengan kandungan oleuropein hingga enam persen. Para ahli merekomendasikan satu kapsul 500 mg setiap harinya untuk mencegah beragam penyakit; mengkonsumsi hingga delapan 500 mg kapsul perharinya dapat melawan bakteri ataupun infeksi yang disebabkan oleh virus. Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan khasiatnya adalah rebus dua sendok teh daun kering zaitun dalam satu cangkir air selama 10 menit. Minum empat cangkir seharinya .

Morton Walker, seorang ahli penyakit kaki dan penulis buku Olive Leaf Extract (Kensington Health, 1997), mengingatkan atas penggunaan yang berlebihan dari dosis yang telah direkomendasikan yaitu delapan kapsul 500mg per harinya. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk melihat apakah aman bila mengkonsumsi dalam dosis yang lebih banyak.

Sementara hasil riset telah menunjukkan bahwa unsur-unsur dalam daun zaitun sangat efektif dalam melawan virus, menurunkan kadar kolesterol tubuh dan menurunkan tekanan darah, perlu disadari masih banyak efek yang belum diketahui. Dengan demikian masih aman bila infeksi yang terjadi ditangani dengan sari daun zaitun selama infeksi itu masih tergolong ringan.

Namun disarankan untuk melakukan konsultasi kepada yang ahli bila memiliki penyakit yang serius dan ingin tetap menggunakan ekstrak daun zaitun untuk pengobatan.
(Jihan F Labetubun)