Banner Ad

Text Ad

27 November 2008

Buah Ajaib: Dari Semangka Sampai Tomat

12 Jul 00 08:41 WIB (Astaga.com)

Semangka, paprika dan tomat tampaknya kini bisa jadi pilihan di awal musim panas ini. Coba simak mengapa tiga jenis buah ini harus jadi pilihan dalam keranjang buah di rumah.

-Semangka:
Bila dibandingkan, Semangka bisa menjadi pemenang dibanding buah-buahan sejenis. Pasalnya buah yang banyak mengandung air ini kandungan nutrisinya sangat tinggi. Mulai dari vitamin C, beta-carotene, potassium, serta phytochemicals. Selain itu rasanya pun lembut dan sangat menyegarkan. Bagaimana cara memilihnya? Pilih lah yang terberat dalam ukuran yang sama, hindari buah yang banyak nodanya. Juga jangan memilih semangka yang kulitnya sudah retak dan aromanya yang terlalu keras. Karena berarti semangkanya sudah terlalu matang.

-Paprika:
Warna buah ini bermacam-macam. Mulai dari kuning, oranye, merah, hijau, bahkan ungu. Paprika dikenal banyak mengandung vitamin C dan karoten (antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung dan kanker), rasanya pun manis, enak dimakan mentah, atau pun dimasak dan dicampur dengan daging asap, dan sebagainya. Buah yang satu ini juga enak dipadukan dengan daging panggang atau santapan barbeque lainnya.

-Tomat:
Karena warnanya merah cerah, tomat biasanya dijadikan lambang musim panas. Ukuran buah ini bervariasi. Mulai dari ukuran sekecil anggur sampai sebesar buah sawo. Enak di makan mentah, di jus, atau dicampur dengan makanan lain. Tomat juga dikenal sebagai sumber vit C. Tak hanya itu, tomat juga dikenal mengandung lycopene. Karena itu tomat dikenal sebagai buah ajaib yang bisa mencegah berbagai penyakit. Lycopene adalah sejenis phytochemical yang bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker dan penyakit jantung. Pilih buah tomat yang segar, dan simpan di tempat sejuk, tapi jangan di kulkas karena bisa menghilangkan aromanya.

(berbagai sumber/susandijani)