Banner Ad

Text Ad

10 November 2008

Berapa Volume Ideal Air Minum Agar Tubuh Tetap Sehat ?

Jakarta - 28 Sep 00 08:34 WIB - (Berbagai sumber)

Benarkah Anda perlu delapan gelas air minum setiap hari? Ternyata tidak semua orang membutuhkan air sejumlah itu. Tubuh kita secara konstan memang selalu kehilangan air. Dan, semakin berat tubuh kita, semakin banyak pula air yang hilang setiap harinya. Apalagi faktor lain yang juga berpengaruh?

Semakin gemuk semakin banyak air yang hilang dari tubuh
Olah raga Minum satu gelas air sebelum olah raga. Tambahannya sekitar 1/2 gelas setiap 20 menit selama latihan, dan segelas lainnya 1/2 jam setelah latihan.

Ketinggian, Cuaca, dan Kelembaban
Minum 1-2 gelas ekstra setiap hari bila berada di ketinggian lebih dari 5000 kaki (1524 m), temperatur lebih dari 80 derajat F (sekitar 44,5 derajat C), atau kelembaban di bawah biasanya.

Kehamilan atau sedang menyusui
Minumlah satu gelas ekstra bila sedang hamil. Dan 3-4 gelas tambahan saat menyusui.

Penggemar kopi dan alkohol
Minum 1/2 gelas tambahan setiap kali Anda minum minuman beralkohol atau kopi.

Diare atau demam
Penderita diare atau demam biasanya dianjurkan menambah jumlah minumannya sampai 8-12 gelas ekstra. Hal tersebut berguna untuk menghindari dehidrasi. Lakukan sampai warna urin kembali normal (kuning pucat dengan bau normal). Kebutuhan cairan bisa juga dikombinasikan dengan makanan, seperti jus buah-buahan, susu rendah lemak, atau sop. Tapi tetap minum, minimal delapan gelas air setiap hari. Usia lanjut Dehidrasi biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut, yang jarang merasa haus. Pada usia tersebut dianjurkan untuk tetap minum secara teratur. Pasalnya, air minum sangat berguna untuk mencegah komplikasi akibat dehidrasi, seperti stroke, masalah jantung, dan disorientasi.