Banner Ad

Text Ad

09 Agustus 2009

Kelamaan di Depan PC Bisa Alami Gangguan Tidur

11 Nov 02 10:32 WIB


Sebuah penelitian di Negeri Sakura ungkapkan bahaya terselubung di balik mereka yang sehari-hari bekerja di depan PC. Semakin lama anda "melotot" di depan monitor, bisa bisa berdampak nyeri fisik, mental, dan gangguan tidur.

Hasil penelitian ini bukan cuma isapan jempol, karena Dr Tetsuya Nakazawa daru Universitas Chiba dan koleganya melakukan survai atas 25.000 pekerja sejak 1995 lalu.

Dalam survainya, mereka menanyakan berapa lama ratya-rata para pekerja duduk di depan monitor, kebiasaan tidur, dan nyeri fisik dan mental seperti pusing-pusing, nyeri punggung, iritasi mata, depresi, dan munculnya sifat cemas.

Hasil penelitian in lantas dipublikasikan dalam American Journal of Industrial Medicine. "Dalam studi, ditemukan hubungan yang signifikan antara lama bekerja di depan monitor dengan gejala fisik," ujar laporan jurnal itu.

Singkatnya, karyawan yang duduk di depan PC lebih dari lima jam sehari akan mengalami masalah umum utama seperti pusing, iritasi mata, nyeri sendi, dan kaku pada bagian pundak. Sementara masalah mental yang timbul, di antaranya kelesuan, cemas, dan malas datang ke kantor karena mengalami sulit tidur dan kelelahan teramat sangat.

CNN/yay