Banner Ad

Text Ad

09 Agustus 2009

Kebutaan Akibat penyakit Kencing Manis Dapat Dicegah

Anda benar-benar menikmati hidup saat ini. Anda memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, keluarga yang bahagia, deposito dalam jumlah besar di bank, dan mobil yang bagus. Satu-satunya hal yang mengganggu anda adalah daya penglihatan anda yang buram. Karena berpikir bahwa hal tersebut hanyalah satu dari sekian masalah yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia, anda akhirnya hanya mengatasinya dengan memakai kacamata.

Namun pada suatu hari, secara tiba-tiba anda menyadari bahwa daya penglihatan anda merosot lebih pesat dan perasaan anda mengatakan bahwa anda harus berkonsultasi dengan dokter mata untuk melakukan pemeriksaan mata yang memang sudah lama tertunda. Ketika pemeriksaan selesai dilakukan, anda menerima berita yang mengejutkan. Dokter mata yang memeriksa menduga bahwa anda terkena penyakit diabetes dan kemungkinan bisa mengalami kebutaan karena retinopati diabetik

Retinopati diabetik merupakan gangguan pada mata yang bersifat progresif dan permanen. Sekali penyakit ini menyerang mata anda, maka ia akan berada disana selamanya. Hal ini disebabkan oleh berbedanya sel-sel retina (selaput jala mata) dari sel-sel tubuh lainnya. Sel-sel retina terbentuk dari pembuluh darah dan bila mengalami kerusakan, ia tidak dapat direkonstruksi ataupun ditumbuhkan kembali. Jadi sekali rusak, ia akan rusak selamanya

Karena retinopati diabetik tidak dapat diperbaiki, maka ia harus dibedakan dengan komplikasi diabetes yang lain. Komplikasi pada ginjal dapat disembuhkan dengan transplantasi, hipertensi dapat diatasi dengan melakukan diet yang seimbang dan olahraga, penyembuhan luka yang lama dapat dikurangi dengan menjaga kadar gula darah tetap rendah.

Sebagai penyakit dengan kondisi permanen, apa yang dapat dilakukan seorang dokter mata terhadap retinopati diabetik adalah menghentikan perkembangannya hingga tidak menimbulkan kebutaan. Oleh karena itu periksakanlah mata anda paling tidak setahun sekali pada dokter mata anda, khususnya bagi anda yang berusia lebih dari 40 tahun.

Suplemen seperti Calcium Dobesilate.dikatakan dapat membantu mencegah perkembangan penyakit tersebut sehingga kadang direkomendasikan bagi para pasien yang menderita retinopati diabetik derajat ringan hingga sedang. Sayangnya informasi mengenai Calcium Dobesilate masih terdapat dalam jumlah yang terbatas.