Banner Ad

Text Ad

19 Oktober 2008

Air Minum dan Bentuk Tubuh

Jakarta - 08 Aug 00 08:00 WIB (Astaga.com)

Bila tidak cukup air yang diminum, maka persediaan yang ada dalam tubuh akan dipakai untuk menutupi kebutuhan tubuh. Persediaan cairan dapat dibersihkan dengan lebih banyak lagi minum air dan tidak mengurangi jumlah air yang diminum. Minum air dalam jumlah yang tepat setiap harinya, merupakan kunci untuk mengurangi berat badan. Bila air tidak cukup di dalam tubuh. Maka, tubuh akan sulit memetabolisma lemak.

Jumlah minimum (untuk orang sehat) air yang diminum dalam sehari adalah delapan sampai sepuluh gelas. Jumlah ini perlu ditambah bila seseorang banyak melakukan olahraga atau berada di daerah dengan udara/iklim yang sangat panas. "Bagi mereka yang kelebihan berat badan jumlah tersebut harus ditambah satu gelas setiap kelebihan berat badan sebanyak 25 pound," papar Dr. Philliph Stromman, M.D. yang berbicara dalam simposium Water for Healthness and Fitness yang diselenggarakan oleh The International Sportsmedicine Institute, New York awal minggu ini.

Menurut The International Sportsmedicine Institute ada formula untuk jumlah air yang seyogyanya diminum dalam sehari. Sepuluh gelas ukuran 8 ons, untuk berat badan 80 Kg dan yang bersangkutan tidak aktif. Dan 13 sampai 14 gelas untuk berat badan yang sama bila ia seorang olahragawan. Jumlah minum tersebut dilakukan rata-rata sepanjang hari.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak kita; bila minum sehari dengan jumlah sekian banyaknya tentu akan sering membuar air seni. Memang, tetapi setelah beberapa minggu, ginjal akan terbiasa dan rasa ingin membuang air seni akan tidak terlalu sering tetapi dengan jumlah cairan yang lebih banyak. Dengan jumlah air yang cukup tersebut, Anda pasti akan merasa lebih sehat. Bentuk tubuh pun akan lebih langsing, padat, dan segar. (Jihan F Labetubun)