Banner Ad

Text Ad

08 Oktober 2008

10 Langkah Diet Sehat dan Efektif

20 Jun 00 15:14 WIB (Astaga.com)

Mau langsing dan ramping? Atau hanya ingin memperbaiki komposisi tubuh saja? Asal tahu saja, tidak ada suplemen atau obat diet apa pun yang membuat Anda kurus seketika. Tidak ada pula obat diet dan pembakar lemakyang seefektif program diet dan olah raga.

Kalau mau sukses menurunkan berat badan padukan suplemen tersebut dengan diet dan olah raga. Barulah Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan tahan lama. Harap diingat diet bukan berati menghindari makanan sedemikian rupa hingga Anda kelaparan. Diet yang baik adalah memodifikasi kebiasaan makan sesuai dengan menerapkan keseimbangan asupan zat makanan ke dalam tubuh.


Simakdulu 10 poin di bawah ini untuk memulai diet sehat nan efektif.

1. Hindari makanan yang mengandung zat gula.
Yang dihindari bukan hanya makanan manis yang mengandung gula, madu atau pemanis lainnya. Tapi juga makanan yang terbuat dari tepung terigu (roti,mie, pasta, kue dsb), nasi, dan kentang. Makanan tersebut akan dicerna dan diserap tubuh dengan sangat cepat dalam bentuk gula. Jumlah gula yang menumpuk akan membuat insulin dalam darah naik. Insulin dalam jumlah besar akan menaikkan retensi air yang mendorong munculnya timbunan lemak. Kenaikan gula darah yang drastis ini akan langsung diikuti penurunan gula darah dengan cepat. Hal ini membuat kita merasa lemas, tidak berenergi dan ingin makan lagi sebagai upaya tubuh untuk mengganti gula darah secepatnya.

2. Pilih karbohidrat kompleks sebagai sumber energi
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain sweet potato,buncis, kacang polong, lobak, ubi, ketela dan whole grains (beras merah, dll). Makanan jenis ini selain lebih lama diserap juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

3. Perbanyak porsi buah dan sayuran
Yang disarankan adalah sayuran dan buah berkarbohidrat rendah. Antara lain,bayam, brokoli, kembang kol, kol, asparagus, melon, stroberi, raspberry,apel, pir, jeruk sitrus, anggur, dan kiwi. Ingat mengkonsumsi buah segar, jauh lebih baik daripada meminum sari buah.

4. Kurangi asupan lemak dan seimbangkan asam lemak penting dalam tubuh Anda.
Ini artinya batasi asupan lemak jenuh (daging, keju, mentega, susu) dan hindari lemak berhidrogenasi (margarin, mayones, selai kacang) serta makanan yang digoreng. Sebagai gantinya ambil makanan sumber omega 3 dan omega 6. Misalnya, ikan laut, biji-bijian dan kacang-kacangan. Gunakan minyak yang berasal dari biji atau kacang seminim mungkin. Minyak macam ini antara lain minyak zaitun, minyak wijen dll.

5. Makan makanan berprotein tinggi dalam jumlah cukup.
Jangan batasi pilihan makanan berprotein. Variasikan sumber protein Anda. Anda bisa mengkonsumsi protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan, biji-bijian,dll) dan protein hewani (ikan laut, daging segar dan telur)

6. Perbanyak konsumsi serat
Serat memperlambat penyerapan glukosa, sehingga kolesterol dan gula darah dapat ditekan serendah mungkin. Serat juga membuat kita tidak mudah lapar. Sumber serat yang baik apel, pir, kacang polong.

7. Minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari

8. Makan sedikitnya 3 kali sehari
Untuk mengurangi berat badan, makanlah dalam porsi kecil beberapa kali. Ini lebih baik daripada Anda memaksakan diri makan hanya 2 atau 1 kali saja tapi dalam porsi yang besar.

9. Kurangi kafein dan alkohol
Kafein bersifat diuretik, artinya Anda dipaksa untuk membuang air terus menerus. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan mineral dan membuat selera makan bertambah. Alkohol membuat gula darah menurun tajam.

10. Kurangi mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan alergi.Kabarnya ada hubungan antara alergi makanan kronis dengan makan terlalu banyak. Makanan yang biasanya menimbulkan alergi adalah gandum, jagung,susu dan keju.

(berbagai sumber/dmaro)