Banner Ad

Text Ad

19 Oktober 2008

Agar Flu Tak Gampang Menular

Jakarta - 06 Nov 00 14:51 WIB - (Berbagai sumber)

Flu, walaupun (bisa) tidak membahayakan, seringkali membuat semua pekerjaan atau aktivitas sehari-hari jadi kacau balau. Bagaimana menghindarinya?

1.Menghindari kerumunan
Salah satu cara untuk menghindari flu adalah mengisolasi diri kita dari orang lain. Fakta menunjukkan bahwa: ilmuwan yang bermarkas di Antartika tidak terserang flu selama musim dingin yang panjang dan saat itu mereka tidak melakukan kontak dengan dunia luar. Akan tetapi langsung terserang flu begitu perahu pembawa logistik datang pada musim semi. Sebagian besar dari kita sangatlah sulit untuk mencegah flu dengan cara mengisolasi diri. Tapi perlu diketahui, suatu studi menunjukkan bahwa bila seorang penderita flu tidak bekerja selama beberapa hari, maka total jumlah yang terkena flu dalam kantor yang bersangkutan juga berkurang atau menurun .

2.Menggunakan saputangan dan menutupi hidung ketika bersin, akan membantu untuk mencegah penyebaran flu ke orang lain.
Mencuci tangan secara regular juga merupakan tindakan penting untuk melindungi diri dari flu dan mencegah upaya penyebaran. Penyebaran flu yang meluas lebih banyak dilakukan lewat jabatan tangan daripada melalui bersin.

3.Seseorang yang fit dan sehat dengan tingkat stres yang rendah juga dapat terserang flu. Oleh karena itu berolahraga secara teratur, diet sehat dan menghindari stres sebisa mungkin, membantu melindungi diri dari serangan flu.