Banner Ad

Text Ad

26 Agustus 2008

Hati-hati Kombinasi Makanan Patogenik

Banyak orang yang asal-asalan mengkombinasikan hidangan makanan atau minuman dengan yang lainnya. Akibatnya bila salah dalam memilih makanan atau minuman yang dikombinasikan, bisa mengganggu kesehatan. Bahkan bisa berakibat membahayakan. Berikut beberapa kombinasi makanan dan minuman yang harus dihindari dihidangkan bersama.

MAKANAN LAUT + BIR
Makanan laut mengandung kadar purinum dan Glicyne, sedangkan bir kaya dengan vitamin B1 yang dapat mengurai kedua kadar itu. Ketika menikmati makanan laut dengan minum bir, mudah menyebabkan kadar asam urat dalam darah melonjak, sehingga menyebabkan terjadinya Gout (seperti encok) bahkan timbul penyakit ginjal, radang persendian dari Gout dan penyakit lain.

HAM + MINUMAN ASAM SUSU
Di dalam makanan sandwich, biasanya ada ham (daging asap). Jika dikonsumsi bersama dengan minuman asam susu (lacticacid) akan mudah menyebabkan penyakit kanker. Sebab produsen makanan akan memberi tambahan nitrat untuk mencegah agar makanan tidak busuk dan tumbuh jamur. Saat asam nitrat bertemu dengan asam organik, akan berubah menjadi nitrosamine suatu zat yang dapat menyebakan penyakit kanker .

LOBAK + LIMAU (JERUK)
Sayuran lobak bisa menghasilkan suatu zat anti kelenjar gondok yaitu asam thiocyanic, jika dikonsumsi secara bersamaan dengan buah-buahan dalam jumlah besar, flavonold dalam buah bisa berubah menjadi asam thiocyani yang dapat menekan fungsi kelenjar gondok, sehingga akan menyebabkan pembesaran kelenjar gondok.

TELUR + SUSU KEDELAI
Dalam susu kedelai mengandung zat pengekang tripsin, dapat mengekang keaktifan proteinase tubuh, mempengaruhi penyerapan dan pencernaan protein dalam tubuh, sedangkan telur ayam mengandung protein viskositas (sifat merekat), bisa menyatu dengan tripsin dalam susu kacang kedelai, sehingga penguraian protein terhambat, menurunkan persentase daya serap tubuh terhadap protein.

SUSU + COKLAT
Kalau susu dan coklat dikonsumsi bersamaan, kalsium yang terkandung dalam susu dan asam oksalat yang terkandung dalam coklat menyatu menjadi kalsium asam oksalat yang tidak larut dalam air, tidak terserap setelah dikonsumsi, bahkan bisa terjadi diare, rambut kepala kering dan kusam atau gejala lainnya.

BUAH + MAKANAN LAUT
Ketika mengonsumsi makanan laut, dilanjutkan dengan memakan buah anggur, buah shanzha, buah delima, buah kesemek atau buah-buahan lain, akan terjadi rasa mual, perut kembung, perut sakit, diare dan lain- lain. Sebab buah-buahan mengandung asam tanat, dimana protein dari makanan laut akan mengendap dan membeku, sehingga membentuk zat yang tidak mudah dicerna.