Banner Ad

Text Ad

09 Mei 2009

Ingin Tidur Nyenyak? Coba deh Tip Berikut Ini

24 Sep 00 13:59 WIB (Astaga.com)

Jangan pernah menyepelekan tidur. Pasalnya, aktivitas yang satu ini ternyata memberikan kontribusi yang lumayan besar bagi kondisi tubuh. Dengan tidur nyenyak, bukan hanya membuat kita terlihat lebih segar, tapi juga membantu lancarnya segala aktivitas sehari-hari.

Nah, jika Anda kerap mengalami tidur tak nyenyak atau bahkan susah tidur, asal tidak ada penyebab lain tentu saja, barangkali Anda bisa mengikuti tip berikut ini:

1. Sebaiknya jangan berolahraga paling tidak dua jam sebelum Anda pergi tidur. Pasalnya, selain membuat otot-otot lentur, pun akan meningkatkan kadar adrenalin. Akibatnya kendati tampaknya Anda tertidur pulas, namun sebetulnya Anda justru merasa amat kelelahan.

2. Cobalah untuk melakukan teknik relaksasi dengan beryoga atau bermeditasi. Cara ini, di samping menghilangkan stres pun mampu membuat tidur Anda terasa nyenyak.

3. Konsistensi waktu tidur Anda ternyata sangat berperan membantu nyenyak tidaknya tidur Anda. Jika siklus tidur Anda cukup baik, maka tubuh Anda pun akan terbiasa dengan keteraturan waktu yang Anda jalani. Cara ini tentu saja membuat Anda gampang tertidur.

4. Saat Anda merasa susah sekali memejamkan mata, cobalah untuk melakukan aktivitas lain. Pergilah ke ruang baca atau ruang televisi untuk membaca buku atau melihat acara televisi yang masih menyuguhkan beberapa acara menarik. Jika Anda kembali merasakan kantuk, maka pergilah kembali ke tempat tidur. Biasanya Anda akan langsung tertidur pulas.

5. Perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda tidak ingin kelaparan pada saat tidur, hati-hati dengan panganan yang Anda makan sebelum tidur. Panganan berbumbu pedas atau yang berat-berat tidak baik untuk pencernaan. Bisa-bisa Anda malah akan terjaga hanya gara-gara perut Anda terasa mulas. Sebaiknya hindari pula minum kopi enam jam sebelum Anda tidur.

Jika Anda memang harus makan sebelum tidur, pilihlah makanan yang kaya karbohidrat, seperti crackers atau bagel yang mudah dicerna perut. Jangan lupa pula minum segelas susu hangat. Segelas susu akan membuat tidur Anda nyaman dan nyenyak. (berbagai sumber/eno)